Menanggapi Krisis Finansial Asia, Sukanto Tanoto Akan Diversifikasi Bisnis

Menanggapi Krisis Finansial Asia, Sukanto Tanoto Akan Diversifikasi Bisnis

Menanggapi Krisis Finansial Asia, Sukanto Tanoto Akan Diversifikasi Bisnis

Comments Off on Menanggapi Krisis Finansial Asia, Sukanto Tanoto Akan Diversifikasi Bisnis

Mungkin tak banyak orang yang tahu bahwa perusahaan Sukanto Tanoto pernah mengalami suatu krisis. Mengetahui hal ini tentu akan ada banyak orang yang kemudian bertanya lantas apa saja yang dilakukan oleh Sukanto Tanoto demi mengentaskan perusahaan di tengah krisis yang melanda?

Nyatanya nyali yang besar menjadi acuannya. Sukanto Tanoto dalam berusaha mengentaskan perusahaan di tengah krisis yang melanda menanggapinya dengan melakukan suatu langkah diversifikasi bisnis. Diversifikasi bisnis ini merupakan suatu langkah menganekaragamkan suatu produk yang dihasilkan perusahaan demi meningkatkan volume penjualan. Dan nyatanya perusahaan dibawah naungan RGE milik Sukanto berhasil mengentaskan perusahaan dari krisis dengan sistem dan cara ini. Lantas mengapa diversifikasi bisnis justru menjadi obat untuk pengentasan suatu bisnis menghadapi sebuah krisis?

Sukanto Tanoto : Diversifikasi Bisnis Penting Untuk Menanggapi Krisis Finansial Asia

Bisnis Sukanto Tanoto memang tak pernah luput dari godaan seperti berkembang dengan sangat pesat seperti sekarang ini. Bisnis Sukanto juga pernah tumbang di tengah hantaman krisis. Krisis ekonomi tersebut berhasil menyeret RGE untuk tumbang di tahun 1997 dan 1998. Rupiah yang mengalami kerontokan menjadikan konglomerat ini terjerat utang sampai dengan 2,1 triliun dan terpaksa harus mencatatkan dirinya menjadi pasien Badan Penyehatan Perbankan Nasional.

Hal ini juga terjadi lantaran ketika krisis mulai menyerang Indonesia, RGE malah tetap mengambil suatu pendekatan untuk tetap melakukan investasi. Pada akhirnya ia jatuh tertimpa tangga hingga kemudian berbagai pil pahit harus ditelan yang pada akhirnya di tahun 1999 Sukanto terpaksa harus menutup PT Inti Indorayon Utama yang merupakan perusahaan bubur kertas miliknya. Di saat itu memang bukan hanya masalah keuangan yang membelit akan tetapi juga karena adanya tudingan masyarakat tentang limbah perusahaan yang mencemari lingkungan di sekitar Danau Toba. Namun kegagalan ini tidak berjalan lama karena Sukanto bisa mengatasinya dengan mudah melalui tangan dinginnya sebagai seorang pebisnis.

Demi mengentaskan diri di tengah krisis kemudian Sukanto berusaha terfokus memasarkan suatu jenis produk. Akan tetapi ini berarti bahwa Anda juga turut menutup suatu peluang demi mencoba suatu hal baru dalam industri bisnis. Padahal sebenarnya diversifikasi bisnis juga menjadi suatu cara yang sangat tepat demi memperluas pasar serta berusaha meningkatkan suatu pendapatan bagi perusahaan yang bernaung dibawah RGE.

Selain hal tersebut ada beberapa juga yang menjadi pertimbangan dan alasan perusahaan dibawah RGE mempertimbangkan untuk melakukan beberapa langkah diversifikasi. Beberapa pertimbangan tersebut diantaranya strategi menstabilkan arus keuangan serta evaluasi suatu produk. Ya, bisa dibilang bahwa langkah diversifikasi ini merupakan suatu strategi demi membuat arus kas bisnis menjadi lebih stabil. Ketika suatu produk mengalami penurunan angka penjualan sementara ada produk lain bisa jadi produk lain tersebut akan meningkatkan penjualan produk sehingga keuntungannya bisa digunakan menutupi kerugian pada produk A di tengah krisis yang dialami.

Dengan memasarkan beberapa produk, juga bisa dilakukan langkah evaluasi produk apa saja yang bisa menghasilkan pendapatan paling tinggi dan kemudian mendorong upaya pemasaran untuk memaksimalkan pendapatan di produk tersebut. Sebaliknya juga bisa menjadi bahan pertimbangan kembali untuk menjual produk yang kurang mendapatkan respon positif di pasaran serta untuk fokus pada produk lain yang jauh lebih menghasilkan sebenarnya.

Tentunya kita bisa belajar dari berbagai langkah yang dilakukan oleh Sukanto Tanoto dalam misi perkembangan usaha dan pengentasan perusahaan di tengah krisis. Dan semoga informasi diatas menjadi informasi yang menginspirasi kita semua utamanya para pebisnis muda agar tidak mudah menyerah di tengah berbagai cobaan yang datang menghadang.

Like and Share ya 🙂

Related Posts

Alasan Mengapa Cloud Backup Lebih Menguntungkan

Comments Off on Alasan Mengapa Cloud Backup Lebih Menguntungkan

Mari Telusuri Aneka Produk Murah di Diskon Harbolnas Mendatang

Comments Off on Mari Telusuri Aneka Produk Murah di Diskon Harbolnas Mendatang

37 Tutorial Meningkatkan Performa PPSSPP di PC

Comments Off on 37 Tutorial Meningkatkan Performa PPSSPP di PC

Jualan Fashion Di Kudo Harga Mulai 100 Ribuan

Comments Off on Jualan Fashion Di Kudo Harga Mulai 100 Ribuan

Create Account



Log In Your Account



shares